Friday 30 March 2012

Menghitung Jumlah Ikan Di Kolam, kedalaman kolam dan pompa

jumlah ikan

Jumlah Ikan = (P X L ) / X / 150

keterangan :
P = Panjang Kolam (cm)
L = Lebar Kolam (cm )
X = Ukuran ikan (cm)
150 = mungkin ( angka terbesar untuk ukuran ikan koi )

contoh :

Ukuran ikan Yang akan kita masukkan misalnya 10 cm
= 200 x 100 : 10 : 150
= 13 ekor

maka, jumlah ideal ikan yang ada di kolam adalah 13 ekor ikan ukuran 10 cm

Tabel tambahan :



Jika ikan sudah bertambah besar maka ikan harus kita kurangi atau dipindah ke tempat yang lebih luas. Akan tetapi jumlah ini bisa fleksibel tergantung juga dengan sistem filtrasinya. Semakin padat ikan dalam kolam sistem filtrasinya harus semakin baik.

Kedalaman Kolam


Kedalaman kolam yang ideal harus mampu menjaga ikan dari perubahan suhu air antara siang dan malam, jika kolam dangkal maka perubahan suhu siang dan malam akan sangat mencolok. Selain itu kolam dangkal akan membuat gerak ikan tidak leluasa. Idealnya paling tidak adalah 2 sampai 3 kali panjang badan. Misal Ikan dengan panjang 10 cm maka kedalaman kolam paling tidak 20-30 cm. Kolam yang terlalu dalam juga tidak baik, untuk ikan berukuran kecil kolam yang terlalu dalam bisa membuat gelembung pada ikan pecah . Untuk target pertumbuhan koi jumbo, kedalaman kolam bisa sampai 2 meter.

Pompa

Pompa yang baik harus mampu mengalirkan air melalui Filter minimal sama dengan Volume Kolam. Misal untuk Kolam dengan ukuran 1 x 2 x 0.6, maka pompanya :

(1 x 2 x 0.6) 1 = 1.2 m3 = 1200 liter

NB :

1.dalam beberapa kasus, banyak hobiis menggunakan pompa sebesar 1 - 4 kali volume kolam, hal ini supaya proses perputaran air cepat kembali ke filter (khusus mereka yang luas filternya tidak memadai)

2. cara lainnya adalah memperbesar ruang filter, sehingga flow air ke kotak chamber lambat, dan proses filterasi oleh bakteri maksimal

No comments:

Post a Comment